Friday, March 29, 2013

65% Ekspor Ikan Melalui (KIM) Berasal Dari Aceh

65% Ekspor Ikan Melalui Kawasan Industri Medan (KIM) Ternyata Berasal Dari Aceh

* Namun Sayangnya Aceh Hingga Saat Ini Aceh Belum Punya Pelabuhan Yang Bagus dan Kawasan Industri Yang Maju Seperti Medan, Ungkap Kepala Bappeda Aceh.
- Produksi ikan Aceh di Medan tersebut sebagian besar di ekspor ke Eropa dan beberapa negara Asia, seperti Jepang dan China.


BANDA ACEH - Kepala Bappeda Aceh Abubakar Karim menyatakan, hasil tangkapan nelayan Aceh banyak dipasarkan ke luar negeri melalui pelabuhan Belawan, Sumatera Utara, lantaran Aceh belum mampu melakukan kegiatan ekspor secara langsung.

  "Saya sudah datang ke Kawasan Industri Medan (KIM) dan dari ekspor ikan laut dari daerah itu, ternyata 65 persen berasal dari Aceh, khususnya ikan tuna dan udang," katanya di Banda Aceh, Kamis.

Dikatakan, ketika meninjau langsung ke salah satu eksportir di kawasan KIM, hampir 80 persen ikan tuna yang diekspor berasal dari Aceh, demikian juga udang lobster hampir 35 persen dari Aceh juga.

Produksi ikan Aceh tersebut sebagian besar di ekspor ke Eropa dan beberapa negara Asia, seperti Jepang dan China.

Abubakar menyatakan, sebenarnya potensi sumber daya alam, khususnya perikanan di Aceh melimpah, namun nilai tambah dari produksi tersebut lebih banyak dinikmati orang luar.
 
Ia mencontohkan potensi ikan tuna dan lobster hanya terdapat di perairan Aceh saja, sehingga kekayaan bahari ini agar dipertahankan.

"Ini merupakan potensi ekonomi yang sangat prospek untuk dikembangkan di Aceh. Kalaupun kita tidak bisa langsung melakukan ekspor, paling tidak ada investor yang membangun pabrik pengolahan di Aceh, sehingga bisa menampung tenaga kerja dalam jumlah besar," ujarnya.

No comments: