Friday, December 7, 2012

Pantai Lampuuk


Aceh tak hanya Pulau Weh-nya saja yang terkenal. Di provinsi paling ujung Pulau Sumatera ini memiliki beragam pantai yang cukup menawan, salah satunya adalah Pantai Lampuuk.

Kawasan Lampuuk terletak di pantai barat Aceh di ujung pulau Sumatera. Pantai tersebut berada di Kecamatan Lhoknga, Kabupaten Aceh Besar. Lokasinya berdekatan dengan pantai Lhoknga dan dapat ditempuh melalui jalur Banda Aceh - Calang (Aceh Jaya).

Pantai satu ini memiliki keindahan dan pesona yang sangat menggoda di mata pengunjungnya. Pantai Lampuuk sering disebut juga sebagai pantai terindah di Barat Pulau Sumatera. Di pantai ini, Anda akan disajikan panorama indah, perpaduan pantai pasir putih, dan pemandangan hijau di sekeliling pantai. 

Ketika terjadi tsunami, tempat ini sempat porak-poranda dan ditutup sementara untuk rekreasi. Namun, setelah melakukan pembangunan dan perbaikan, lokasi Pantai Lampuuk menjadi indah kembali. Di dekat pantainya terdapat sebuah masjid megah berwarna putih, satu-satunya bangunan yang masih utuh saat terjadi tsunami. Kini, masjid ini dijadikan Monumen Tsunami. 

Di sekitar Pantai Lampuuk juga berdiri megah sebuah pabrik semen Andalas. Namun, saat itu pabrik tersebut hanya tinggal kenangan setelah mengalami kerusakan parah akibat gempa dan tsunami 26 Desember 2004 lalu. Di kawasan Pantai Lampuuk, Anda dapat bermain golf dengan latar belakang panorama laut di Padang Golf Seulawah. Terbukti, meskipun sempat diterjang gelombang tsunami yang besar, Pantai Lampuuk tidak kehilangan pesonanya. Pantai ini tetap menjadi pantai tercantik di Nanggroe Aceh Darussalam, yang menjadi favorit para wisatawan.

Saat ini, Pantai Lampuuk bukan hanya digunakan untuk berenang, namun banyak warga, turis lokal maupun turis asing tentunya yang menggunakannya untuk surfing. Bahkan berbagai fasilitas permainan yang tadinya tidak ada, sekarang sudah ada, seperti banana boat.


Selain itu, di Pantai Lampuuk ini juga terdapat gua yang sangat indah yang dapat dimasuki wisatawan. Jika Anda hobi berselancar juga sangat cocok di pantai ini karena ombaknya yang besar dan bersahabat.

Dengan semakin banyaknya pengunjung, kini Pantai Lampuuk juga telah dilengkapi dengan beragam fasilitas. Di sekitar pantai ini kini terdapat warung-warung, cottege, lapangan bola, mushalla, dan tempat camping.


Jika Anda berminat ke kawasan ini, jaraknya tidak terlalu jauh, hanya kurang lebih sekitar 20 km dari pusat Kota Banda Aceh. Menuju kawasan Pantai Lampuuk dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dalam waktu kurang lebih 20 - 30 menit kearah Meulaboh.

Sumber : Dari berbagai sumber

No comments: