Tuesday, February 11, 2014

Mengenal Kopi Aceh

*Kopi Gayo - Aceh, Kopi terbaik dunia
Dijuluki sebagai Kota Serambi Mekah, Aceh menyimpan sejuta kekayaan alam yang bernilai tinggi, salah satunya Kopi Gayo. Di Aceh saat ini ada dua jenis kopi yang populer di budidayakan yaitu Kopi Arabica dan Kopi Robusta.

Buah Kopi Gayo

Salah satu Kopi Arabica Aceh yang terkenal adalah Kopi Gayo, dan dinobatkan sebagai salah satu kopi terbaik dunia. Berkat cita rasa Kopi Gayo yang sempurna ini membuka peluang dan potensi ekspor kopi yang besar hingga ke negara-negara Eropa, Asia, dan juga Amerika.
Menilik sejarahnya Kopi Gayo merupakan salah satu komoditi tanaman unggulan yang berasal dari Dataran Tinggi Gayo. Industri perkebunan Kopi di tanah Gayo telah berdiri sejak tahun 1908 yang tersebar di Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah. Kedua daerah tersebut memiliki perkebunan kopi terluas di Indonesia yaitu dengan luas sekitar 81.000 ha. Masing-masing 42.000 ha berada di Kabupaten Bener Meriah dan selebihnya 39.000 ha di Kabupaten Aceh Tengah.
Digemari oleh kalangan dunia Kopi Gayo memiliki banyak keunggulan sebagai kopi khas nusantara. Kelebihan dari Kopi Gayo adalah memiliki aroma dan rasa yang sangat khas, rasa pahit hampir tidak terasa dan cita rasa Kopi Gayo yang asli terdapat pada aroma kopi yang harum dan rasa gurih hampir tidak pahit.
Menurut Wakil Bupati Aceh Tengah Khairul Asmara di Takengon, Aceh, "Dari uji cita rasa, Kopi Arabica Gayo memiliki peringkat premium, dan saat ini telah diekspor ke 17 negara di Eropa, selanjutnya Amerika Serikat dan sebagian negara-negara kawasan Asia” . Pada saat acara menjamu peserta  "Coffee Tour" dari Eropa, Wakil Bupati (Wabub) juga menyampaikan optimisnya akan  pasar Kopi Arabica yang dihasilkan petani daerahnya terus membaik dimasa mendatang.
Dengan potensi dan peluang bisnis Kopi Gayo ini tentunya  yang akan membawa dampak besar bagi petani Kopi Gayo dan juga perekonomi Aceh. Untuk itu para UKM dan petani kopi harus tetap menjaga kualitas kopi dan membangun kepercayaan konsumen.

** Kopi Gayo

No comments: